Jumat, 05 November 2010

Inilah Robot Pembantu Operasi Pertama di Dunia



Dokter Italia telah melakukan transplantasi pankreas dengan bantuan robot pertama di dunia pada ibu dari dua anak. Saat operasi tidak ada bantuan tangan manusia.

Tim dari Pisa Hospital melakukan operasi pada wanita berusia 43 yang menderita diabetes tipe satu selama 19 tahun dan pernah melakukan transplantasi ginjal. Ia tidak menderita komplikasi apapun setelah prosedur operasi tiga jam.

Ahli bedah yang memimpin operasi ini Ugo Boggi mengatakan bahwa mereka melakukan operasi 27 September lalu. Saat ini pasien baik-baik saja setelah menerima organ baru.

Prosedur ini, menurut Boggi, mengakhiri kesulitan yang berlangsung selama beberapa dekade soal pencangkokan pankreas karena sifatnya yang terlalu tradisional dan menyebabkan banyak komplikasi.

Dengan menggunakan robot Da Vinci SHDI, tim mereka mampu memindahkan pankreas wanita itu dan memasukkan yang baru hanya dengan membuat tiga lubang kecil dan sayatan sepanjang tujuh sentimeter.

Sistem kedokteran di Montreal General Hospital menggunakan robot anestesi bernama McSleepy untuk membuat pasien tidak sadar. Selanjutnya, mereka juga akan mempekerjakan robot Da Vinci ini untuk melakukan operasi yang sama.

Dr. A. Aprikian dari McGill University Health Center mengatakan, "Robot DaVinci meungkinkan kita bekerja dari instrumen operasi pembedahan bersama dengan pergerakan tangan yang rumit serta bantuan yang tidak bisa dilakukan manusia sendirian."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar